Saturday, February 7, 2015

[Solved] Brightness di Asus X200MA

Asus X200MA yang saya gunakan, memiliki kendala dibagian brightness. Ketika semua terdeteksi dengan baik di Linux, brightnessnya tidak bisa diatur dengan menggunakan hotkey (Fn). Setelah gonta-ganti kernel ini itu tetap saja nihil. Percobaan saya adalah dengan mengunduh kernel yang terbaru (kernel 3.18, 3.19) dengan harapan semua drivernya terlengkapi, namun ternyata tetap saja tidak berpengaruh. Percobaan terakhir saya adalah dengan menggunakan kernel 3.13 bawaan milik Linux Mint 17 dan ternyata work dengan sedikit modifikasi. 

Untuk melakukan test jika memang brightness bisa dirubah adalah dengan menjalankan echo 1000 > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness anda harus sebagai root !

Modifikasi yang harus dilakukan :
  1. Mengaktifkan acpi sehingga hotkey terdeteksi (ini sebetulnya bug) dengan menambahkan acpi_osi= pada /boot/grub/grub.cfg. Cari kata quiet dan tambahkan dibelakangnya, menjadi quiet acpi_osi=
  2. Sebetulnya linux sudah mendeteksi intel_backlight, namun dia bingung harus memakai yang mana, antara acpi_backlight atau bawaan intel_backlight. Maka dari itu harus dipaksa memilih intel_backlight. Buka /usr/share/X11/xorg.conf.d/20-intel.conf (jika belum ada, maka buat)
 Section "Device"
        Identifier "card0"
        Driver "intel"
        Option "Backlight" "intel_backlight"
        BusID "PCI:0:2:0"
EndSection

 Good luck

No comments:

Post a Comment

Share