Friday, November 28, 2014

Instalasi (ribet) di ASUS X200MA

ASUS X200ma versi pabrik memiliki versi BIOS lama sekitar versi 3.x kalau ga salah. Untuk booting melalui flashdisk, harus update BIOS terlebih dahulu. Namun harap berhati-hati jika gagal maka akan nge-brick. Langkah - langkah untuk melakukan update BIOS dapat anda cari di Google. Tempat saya memiliki versi 502 dimana versi terakhir pada saat saya cek.
Masalah terjadi ketika saya ingin melakukan instalasi linux, Crunchbang dan juga Slackware. Keduanya dapat dibooting dengan baik (Booting dilakukan dengan Flashdisk, belum coba pake DVD). Namun ketika sudah masuk ke shell, flashdisk saya menjadi tidak terdeteksi. Terdapat error yang mengatakan usb not accepting, error -101. Error ini dapat anda lihat pada perintah dmesg. Sehingga ketika setup dapat berjalan, namun gagal melakukan instalasi karena lokasi master filenya hilang, sebab usb menjadi tidak terdeteksi. 

Berbagai langkah saya tempuh termasuk mematikan modul ehci-pci ataupun ehci_hcd namun masih saja error.

Solusi yang saya lakukan adalah meletakan master file ISO ke dalam harddisk, misal ke /dev/sda1.
Setelah itu siapkan Flashdisk yang sudah terisi Slackware.
Lakukan booting terhadap flashdisk.
Setelah masuk ke shell milik flashdisk, buat folder instalasi.
  • mkdir /slack
Setelah itu kopikan file iso yg ada di sda1 ke folder instalasi.
  • mkdir /mnt/sda1
  • mount /dev/sda1 /mnt/sda1
  • cd /mnt/sda1
  • cp .iso /slack
Masuk kembali ke folder instalasi slack, dan buat folder untuk mounting.
  • cd /slack
  • mkdir mnt
  • mount -o loop .iso /slack/mnt
Sudah? Tidak ada error? Kalau begitu anda bisa lanjut.
Masuk ke setup slackware dan kemudian anda atur segala partisi. Pada menu pemilihan target, pilih CD/DVD. Kemudian anda pilih manual semua, dan masukkan path /slack/mnt. 

Seharusnya instalasi dapat berjalan sekarang. Belum diketahui apakah masalah BIOS saya ataupun hardware saya. Namun paling tidak sekarang semuanya dapat terinstall.

No comments:

Post a Comment

Share